Selasa, 17 April 2012

Pengrajin Batik Banjarnegara di Ajari Batik Cap

Pembatik Banjarnegara yang tersebar di daerah Gumelem Kulon, Gumelem Wetan, Penerusan Wetan, Kecamatan Susukan, serta Kertayasa Kecamatan Mandiraja, akhir Maret 2012 di Ajari Teknik Batik Cap yang berlangsung di Balai Penyuluhan Pertanian Klampok.
Kepala Bagian Perekonomian Drs. Indarto, M.Si selaku Sekretaris Dekranasda Kabupaten Banjarnegara mengatakan, pelatihan yang dibiayai dari dana APBD II diikuti oleh 10 orang pengrajin batik yang berasal dari 5 kelompok.
Dijelaskan, pelatihan yang berlangsung  selama 5 hari, dimaksudkan untuk menambah wawasan kepada para pengrajin batik di Banjarnegara, sehingga mereka bisa memehami baik secara teori maupun praktek. Setelah mengikuti pelatihan para peserta diharapkan bisa menularkan ilmunya kepada anggota kelompoknya masing-masing.
Materi pelatihan meliputi teknik pembuatan design batik cap, teknik pengecapan, proses pewarnaan dan finishing. Adapun  metode pelatihan meliputi 20 persen teori dan 80 persen praktek, dengan tenaga instruktur praktisi batik Hanom Widodo, ST dari Jlamprang, Kabupaten Pekalongan. (s.bag)

0 komentar:

Posting Komentar